Oleh-Oleh Khas Medan, Meranti hingga Makanan Enak Lainnya

Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar oleh oleh khas medan? Bisa jadi anda pasti teringat dengan suara orang-orangnya yang besar dan kuat, yang jalanannya macet dan penuh dengan klakson, yang penuh orang Batak meskipun Medan merupakan kota yang penduduknya memiliki keragaman suku dan bangsa, dan yang paling penting pasti teringat dengan makanannya yang enak-enak serta oleh-oleh khas Medan yang selalu dinanti-nantikan.

Banyak sekali oleh-oleh khas Medan yang menjadi primadona saat kembali dari kota yang satu ini. Ada yang membawa Bika Ambon, ada yang membawa Pancake Durian, ada yang membawa Teri Kacang Sambal dan berbagai macam makanan khas kota Medan yang sangat beragam macamnya. Kira-kira apa saja ya makanan khas dan populer di kota Medan? Dan apa-apa saja makanan yang sering dijadikan oleh-oleh saat kembali dari Medan?

Makanan Populer Kota Medan

masjid raya bangunan bersejarah di medan

Seperti layaknya kota-kota besar lainnya. Kota Medan juga dipengaruhi oleh trend yang ada di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta. Saat ada makanan populer di Jakarta, maka pasti Kota Medan akan memiliki versinya sendiri. Tentu saja dengan rasa yang khas Medan. Namun biasanya makanan-makanan seperti ini hanyalah trend musiman yang tidak bertahan lama. Makanan populer yang bertahan lama hanya beberapa saja dan pastinya sudah menjadi ikon kota Medan.

Banyak sekali produk-produk yang mencoba menggantikan oleh-oleh khas medan yang sudah terkenal, beberapa brand besar sudah mencoba melakukannya, namun tetap saja orang-orang selalu kembali ke Bika Ambon Zulaikha, Ucok Duren dan beberapa tempat makan ikonik lainnya. Lalu bagaimana dengan makanan populer kota Medan?

“Medan adalah Surga Makanan” bukanlah tagline yang main-main. Hampir segala jenis makanan bisa kita temukan di kota Medan. Salah satu makanan populer yang wajib ada di hampir setiap jalan-jalan di kota Medan adalah Warung Bakso dan Mie Ayam. Kalau Pulau Batam dan Pulau Bintan dikenal dengan Pulau Seribu Satu Warung Kopi, mungkin Kota Medan bisa juga dinobatkan dengan Kota Seribu Satu Warung Bakso.

Hampir setiap jalanan Kota Medan memiliki pedagang baksonya sendiri-sendiri. Beberapa warung bakso populer di kota Medan adalah Warung Bakso Amat, Warung Bakso Agung, Warung Bakso Anjar Family, Warung Mie Ayam Polonia dan Warung Mie Sop Methodist.

Rasa Kuliner di Kota Medan

Walaupun begitu, semua warung bakso ini memiliki rasa yang enak. Tidak ada yang di bawah standar dan hampir semuanya ramai oleh pembeli. Ada anekdot di kota Medan bahwa orang-orang Medan mementingkan rasa yang enak dan harga yang murah. Rasa yang enak menempati peringkat pertama, harga yang mahal bisa dimaklumi.

Makanan yang tidak enak dan harga yang mahal pasti tidak akan laku dan usahanya akan cepat tutup, rasa yang tidak enak dan harga yang murah sepertinya hampir tidak ada. Itu sebabnya banyak brand luar yang mencoba masuk pasar makanan kota Medan yang tutup cepat karena rasanya yang tidak cocok di lidah orang Medan.

Ada juga beberapa tempat makan yang populer seperti daerah Multatuli malam hari yang rame dengan penjual makanan. Yang paling populer adalah Warung Agam yang menjual indomie Bangladesh yang sangat terkenal di kota Medan, rasanya enak harganya murah dan porsinya banyak. Ada juga Warung Wajir Seafood yang terkenal dengan Tomyam Seafoodnya.

Lalu ada daerah Dr Mansyur, Setia Budi, Johor, daerah Simpang Jodoh yang terkenal dengan rujaknya, Cemara Asri dan daerah Halat. Pada bulan Romadhon, Kota Medan rutin mengadakan Ramadhan Fair yang bertempat di persimpangan Hotel Madani dan Masjid Raya Al-Mash’un. Acara Ramadhan Fair ini merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu pada bulan Ramadhan. Anda bisa menemukan lusinan pedagang makanan kaki lima yang berjualan untuk berbuka puasa.

Di Ramadhan Fair, pengunjung bisa duduk menunggu saatnya berbuka puasa sambil menikmati produk-produk makanan kaki lima dan penjual souvenir di sekitaran Masjid. Selain oleh-oleh khas medan, warga kota Medan dan pemudik juga menyempatkan mendatangi tempat-tempat makan populer ini untuk berkumpul dan bernostalgia bersama teman dan keluarga.

Oleh Oleh Khas Medan

teri bajak oleh oleh khas medan

Makanan populer lainnya yang juga bisa menjadi oleh oleh khas medan adalah Kerupuk Orong Orong, Durian Medan, Lontong Medan, Teri Kacang Sambal, Rendang dan Roti Jala Khas Melayu. Sebagian makanan-makanan ini tidak dijual dan biasanya hanya didapatkan saat momen-momen tertentu seperti Roti Jala dan Rendang. Adapun Teri Kacang Sambal sudah banyak yang menjualnya melalui berbagai macam platform jualan online.

Banyak penjual oleh-oleh khas Medan yang sudah memiliki toko yang terkenal atau masih melalui market online. Untuk oleh-oleh jenis makanan, Kota Medan terkenal dengan Bika Ambon Zulaikha, Bolu Meranti, Teri Medan, Teri Kacang Sambal Medan, Pancake Durian, Durian Medan dan Sirup Buah Markisa. Untuk oleh-oleh khas Medan selain makanan, Kota Medan terkenal dengan Ulos, Kopi Sidikalang dan aksesoris-aksesoris yang bisa kita dapatkan dari tempat wisata sekitar Kota Medan seperti Brastagi, Danau Toba dan Pulau Samosir.

Jika anda berkunjung ke kota Medan, maka sempatkanlah mengunjungi tempat-tempat makan dan wisata tersebut. Dijamin tidak akan mengecewakan, namun anda harus berhati-hati agar tidak kebablasan makan-makanan yang enak sampai kekenyangan. Tetap jaga kesehatan ya

Jadi, kapan nih mau beli oleh-oleh khas Medan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search


You’ll also love