12 Daftar Makanan Khas Daerah Nusantara

Halo, Foodies! Siapa yang nggak suka makanan khas daerah Nusantara? Rasanya bikin nagih dan selalu bikin kangen rumah. Kali ini, kita akan jalan-jalan kuliner dari Sumatera Barat sampe Jakarta. Siap-siap, lidah bakal diajak petualangan!

1. Rendang (Sumatera Barat)

Pertama-tama, kita mulai dari yang lezat banget, nih! Rendang, makanan khas Sumatera Barat, itu lho yang bikin lidah kamu meluk. Daging sapi dimasak pake santan dan rempah-rempah sampe hitam dan kering. Beneran, rendang ini juara banget dan diakui sebagai salah satu makanan terlezat di dunia, loh!

2. Soto Betawi (DKI Jakarta)

Nah, kalo udah di Jakarta, wajib banget cobain Soto Betawi. Kenapa? Karena soto ini beda banget dari yang lain. Daging sapi dimasak pake kuah santan dan susu kental manis. Langsung disajikan dengan nasi putih, emping, dan sambal. Hmm, beneran deh, satu mangkok aja nggak cukup!

nasi-goreng-seafood

3. Nasi Goreng (Indonesia)

Siapa yang nggak suka nasi goreng? Ini dia makanan khas Indonesia yang bikin kangen. Nasi digoreng pake berbagai macam bahan, seperti daging, sayuran, dan telur. Varian nasi goreng ada di seluruh Indonesia, jadi bisa disesuaikan sama selera kamu!

4. Gudeg (Yogyakarta)

Yogyakarta punya makanan khas yang nggak kalah enak, yaitu Gudeg. Ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Disajikan dengan nasi putih, telur, dan sambal goreng krecek. Nggak ada yang bisa nolak kelezatan Gudeg ini!

5. Sate Ayam (Indonesia)

Sate ayam, siapa yang nggak suka? Daging ayam ditusuk pake tusuk sate terus dibakar. Disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, dan lontong. Gampang dicari di pinggir jalan atau tempat-tempat makan yang asyik. Cocok buat jadi temen nongkrong!

6. Bakso (Indonesia)

Makanan khas Indonesia yang satu ini pasti udah sering kamu temuin. Bakso! Daging sapi giling dicampur tepung tapioka dan bumbu-bumbu bikin bakso ini jadi juara. Disajikan dengan kuah kaldu, mi, dan sayuran. Hmmm, enaknya bikin ketagihan!

7. Soto Lamongan (Jawa Timur)

Kalo lagi di Jawa Timur, jangan lupa cobain Soto Lamongan. Isinya ada daging ayam yang dimasak dengan kuah bening. Disajikan dengan nasi putih, tauge, dan perkedel. Bener-bener soto yang bikin hati adem dan perut kenyang!

8. Nasi Uduk (Jakarta)

Nasi uduk, makanan khas Jakarta yang bikin sarapan atau makan siang makin istimewa. Nasi dimasak pake santan dan bumbu rempah, langsung disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe orek, dan sambal. Kalo udah nyoba nasi uduk, pasti jadi langganan!

9. Pecel (Jawa Timur)

Kalo lagi di Jawa Timur, jangan lupa mampir ke warung pecel. Pecel ini terbuat dari sayuran yang direbus dan disiram dengan sambal kacang. Cocok buat yang suka yang seger-seger dan pedes. Nggak ada yang lebih pas buat makan siang!

10. Rawon (Jawa Timur)

Rawon, makanan khas Jawa Timur yang warnanya hitam pekat. Terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah hitam yang berasal dari kluwek. Disajikan dengan nasi putih, tauge, dan telur asin. Ini makanan yang wajib dicoba buat kamu yang suka sensasi berbeda!

11. Lontong Cap Go Meh (Jakarta)

Kalo lagi di Jakarta, coba deh Lontong Cap Go Meh. Lontong yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, seperti tauge, kol, dan wortel. Disajikan dengan sambal goreng ati dan kuah opor. Rasanya? Ya ampun, bikin nagih!

12. Martabak Manis (Indonesia)

Di akhir perjalanan kuliner kita, ada Martabak Manis, makanan khas Indonesia yang bikin ngiler. Adonan tepung terigu digoreng, terus diisi dengan berbagai macam topping, seperti cokelat, keju, dan kacang. Makin lengkap dengan kuah saus cokelat atau keju. Yummy!

Salam Penutup

Itu dia 15 daftar makanan khas daerah Nusantara yang bikin perut kenyang dan hati senang. Indonesia emang kaya rasa, ya? Jadi, kapan lagi nih kita jalan-jalan kuliner dan nikmatin kelezatan Nusantara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi! I’m Margaret!

A passionate home cook and food lover who loves nothing more than sharing my favourite recipes with the world.

Search

Category

Subscribe

Get exclusive access to recipes and cooking tips!





You’ll also love