7 Makanan Khas Aceh Utara yang Bikin Lidah Bergoyang

Halo, teman-teman! Kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang kuliner khas Aceh Utara yang menggugah selera. Aceh Utara, sebuah kabupaten di Aceh, Indonesia, memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Jadi, mari kita eksplorasi tujuh makanan khas Aceh Utara yang pasti akan membuat lidah kita bergoyang dalam kebahagiaan!

1. Kuah Pliek U: Gurih, Asam, dan Pedas

Kuah Pliek U

Ini adalah salah satu hidangan terkenal di Aceh Utara. Kuah ini terbuat dari ikan tongkol, belimbing wuluh, asam sunti, dan bumbu khas Aceh, yaitu pliek u. Pliek u adalah terasi khas Aceh yang dibuat dari ikan asin yang difermentasi. Kuah Pliek U memiliki cita rasa yang unik, dengan perpaduan asam, pedas, dan gurih. Bayangkan rasa segar ikan yang diselimuti oleh rempah-rempah kaya.

2. Asam Keueng: Segarnya Asam dan Pedas

Asam Keueng

Asam Keueng adalah hidangan yang memukau dengan keasaman dan kepedasannya. Terbuat dari ikan asam, belimbing wuluh, asam sunti, cabai, dan beragam bumbu lainnya, Asam Keueng begitu segar dan nikmat. Ini adalah hidangan yang cocok disantap bersama nasi hangat. Rasanya pasti membuatmu ingin mencicipi lagi dan lagi.

3. Sie Itek: Lezatnya Itik Beraroma Rempah

Sie Itek

Sie Itek adalah hidangan yang terbuat dari itik yang dimasak dengan beragam rempah-rempah. Dalam proses memasak, digunakan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, dan daun jeruk. Hasilnya adalah hidangan yang pedas, gurih, dan sangat lezat. Rasanya akan membuatmu terpikat.

4. Sie Reuboh: Kelezatan Daging dengan Rempah-Rempah

Sie Reuboh

Sie Reuboh adalah hidangan yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dimasak dengan santan dan beragam rempah-rempah. Rempah-rempah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun jeruk, dan kayu manis memberikan cita rasa khas Aceh. Sie Reuboh menghadirkan rasa pedas, gurih, dan penuh aroma rempah yang tak terlupakan.

5. Eungkot Paya: Ikan Payau yang Pedas dan Segar

Eungkot Paya

Eungkot Paya adalah hidangan yang terbuat dari ikan payau, seperti ikan gabus, ikan patin, atau ikan baung. Ikan payau ini dimasak dengan santan dan rempah-rempah yang menghasilkan hidangan pedas, gurih, dan segar. Eungkot Paya adalah sajian yang sangat menyegarkan dan cocok dinikmati dalam cuaca panas.

6. Kuah Beulangong: Kelezatan Dalam Belanga

Kuah Beulangong

Kuah Beulangong adalah hidangan yang dimasak dalam beulangong, yaitu belanga besar yang terbuat dari tanah liat. Dalam beulangong ini, ayam atau bebek dimasak dengan beragam rempah-rempah, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun jeruk, dan kayu manis. Proses memasak dalam beulangong ini menghasilkan kuah yang penuh cita rasa pedas, gurih, dan kaya rempah. Hidangan ini tidak hanya lezat tetapi juga unik karena proses memasaknya yang tradisional.

7. Mie Jalak Sabang: Kelezatan Mie Khas Aceh Utara

Mie Jalak Sabang

Mie Jalak Sabang adalah makanan khas Aceh Utara yang patut dicoba. Terbuat dari mie kuning, daging, tauge, dan telur rebus, hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Mie ini biasanya disajikan dalam kuah yang kental dan penuh rasa. Rasanya akan menghangatkan perutmu dan membuatmu ingin mencicipi lebih banyak.

Aceh Utara memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa, dan tujuh makanan khas di atas adalah contoh sempurna dari kelezatan kuliner daerah ini. Saat berkunjung ke Aceh Utara, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan khas ini. Setiap gigitan akan membawamu merasakan warisan kuliner yang kaya dan tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You’ll also love