Level Roasting Biji Kopi Ala Coffee Shop

Food and Beverage Today – Bagi para pecinta kopi sejati, pemahaman tentang level roasting biji kopi adalah kunci untuk mendapatkan cita rasa kopi yang sesuai dengan selera. Coffee Shop Mona, sebagai salah satu toko kopi terkemuka di Medan, menawarkan berbagai pilihan biji kopi dengan berbagai tingkat roasting. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang level roasting biji kopi di Mona, termasuk pengertiannya, ciri-cirinya, serta pengaruhnya terhadap rasa kopi yang dihasilkan.

Level Roasting Biji Kopi

Roasting merupakan proses penting dalam pengolahan biji kopi yang menentukan karakteristik rasa dan aroma kopi. Level roasting mengacu pada tingkat kematangan biji kopi yang diukur dari warna dan teksturnya setelah dipanggang. Semakin lama biji kopi dipanggang, semakin gelap warnanya dan semakin intens rasa yang dihasilkan.

Level Roasting Biji Kopi di MONA

MONA menyediakan tiga level roasting utama untuk biji kopinya, yaitu:

Dari kiri ke kanan – Light, Medium, Dark

Light Roast

Light roast adalah roasting yang paling ringan, di mana biji kopi hanya dipanggang sebentar sehingga menghasilkan rasa yang lebih terang dan kompleks. Biji kopi pada tingkat ini cenderung memiliki keasaman yang lebih tinggi dan aroma yang lebih kompleks, membuatnya cocok untuk dinikmati dengan metode brewing yang ringan seperti pour-over atau drip.

Medium Roast

Medium roast adalah level roasting yang paling umum di antara ketiga level. Biji kopi pada tingkat ini dipanggang hingga mencapai titik tengah antara light dan dark roast, menghasilkan rasa yang seimbang antara asam dan pahit. Tekstur biji kopi pada tingkat ini sedikit berminyak dan memiliki aroma yang lebih kaya, menjadikannya cocok untuk berbagai metode brewing seperti French press, drip, atau espresso.

Dark Roast

Dark roast adalah roasting yang paling dalam, di mana biji kopi dipanggang hingga mencapai tingkat kematangan yang tinggi. Hal ini menghasilkan rasa yang paling pahit dan aroma yang paling kuat dari ketiga level roasting. Biji kopi pada tingkat ini memiliki tekstur yang lebih berminyak dan seringkali memiliki rasa yang lebih kuat dan tajam, cocok untuk kopi espresso atau untuk pencampuran dengan susu untuk membuat minuman kopi yang lebih kaya.

Berikut perbandingan warna, tekstur dan ciri khas dari masing-masing profil roasting

Jenis RoastWarnaTeksturCiri Khas
LightCoklat terangKering dan renyahRasa asam segar dengan sentuhan buah-buahan dan aroma bunga.
MediumCoklat keemasanSedikit berminyakRasa seimbang antara asam dan pahit, dengan aroma kacang dan cokelat.
DarkCoklat gelap hampir hitamBerminyak Rasa pahit kuat dengan aroma asap dan bumi.

Pengaruh Level Roasting terhadap Rasa

Setiap level roasting memiliki pengaruh yang berbeda terhadap rasa dan aroma kopi yang dihasilkan. Light roast menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih terang dan kompleks, sementara dark roast menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih pahit dan aroma yang lebih kuat. Pemilihan roasting yang tepat akan mempengaruhi pengalaman menikmati kopi secara keseluruhan.

Tips Memilih Level Roasting Biji Kopi

  1. Sesuaikan dengan selera: Pilihlah level roasting yang sesuai dengan preferensi rasa kopi Anda.
  2. Pertimbangkan metode brewing: Tentukan metode brewing yang akan digunakan untuk menyesuaikan level roasting biji kopi.
  3. Kenali jenis kopi: Ketahui jenis biji kopi yang digunakan, karena biji kopi Arabika umumnya lebih cocok untuk light dan medium roast, sementara biji kopi Robusta lebih cocok untuk dark roast.

Dengan memahami level roasting di Mona Coffee Shop secara detail, Anda dapat menikmati coffee dengan cita rasa yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk mencoba berbagai pilihan dan eksplorasi rasa kopi yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You’ll also love