7 Makanan Khas Gunung Kidul yang Harus Kamu Coba

Halo, pecinta kuliner! Kita akan menjelajahi dunia kuliner d Gunung Kidul, daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya. Ternyata, selain pemandangannya yang luar biasa, Gunung Kidul juga memiliki makanan-makanan lezat yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, mari kita mulai petualangan kuliner kita yang seru!

7 Makanan Gunung Kidul

1. Gudeg: Manisnya Makanan Khas Gunung Kidul

Gudeg adalah makanan khas Gunung Kidul yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah. Rasa gudeg yang manis dan lembut akan membuat lidahmu bergoyang. Biasanya, gudeg disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek.

2. Sate Klathak: Uniknya Sate dari Daerah Ini

Sate Klathak adalah sate khas Gunung Kidul yang memiliki keunikan tersendiri. Biasanya, sate dibuat dengan tusuk bambu, tapi sate klathak ini menggunakan tusuk tulang kambing. Rasanya gurih dan pedas, bikin kamu ingin mencicipinya lagi dan lagi.

3. Bakmi Jowo: Kelezatan Mi Khas Jawa

Bakmi Jowo adalah mi ala Jawa yang enak banget. Mi-nya tebal dan kenyal, disajikan dengan kuah gurih, sayuran, dan potongan ayam. Seperti mi ayam yang kamu suka, tapi dengan sentuhan khas Jawa yang tak terlupakan.

4. Gatot: Camilan Manis dari Singkong

Gatot adalah camilan khas Gunung Kidul yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan dan daun pisang. Setelah matang, gatot dipotong-potong dan disajikan dengan parutan kelapa. Rasanya manis dan legit, cocok untuk teman minum teh di sore hari.

5. Tiwul: Makanan Pokok Khas Gunung Kidul

Makanan yang satu ini, Tiwul, merupakan makanan pokok masyarakat Gunung Kidul sejak dahulu kala. Tiwul terbuat dari singkong yang dikeringkan, lalu ditumbuk hingga halus. Biasanya, tiwul disajikan dengan sayur lombok ijo dan berbagai lauk pauk. Ini adalah makanan yang memberikan energi yang cukup untuk aktivitas sehari-hari.

6. Puli Tempe: Gurihnya Hidangan dari Ketan dan Tempe

Kalau Puli Tempe terbuat dari beras ketan yang dimasak hingga kenyal, lalu dicampur dengan tempe yang digoreng. Puli Tempe memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Cocok disantap sebagai camilan atau lauk makan.

7. Walang Goreng: Camilan Gurih dari Belalang

Walang Goreng adalah camilan khas Gunung Kidul yang terbuat dari belalang yang digoreng dengan tepung. Rasanya gurih dan renyah, seperti keripik yang nikmat. Jangan terkejut dengan bahan uniknya, karena rasanya tak kalah menggugah selera.

Kesimpulan

Gunung Kidul bukan hanya tentang keindahan alamnya, tapi juga tentang kelezatan kuliner yang tak terlupakan. Dari gudeg manis hingga walang goreng yang gurih, Gunung Kidul memiliki banyak sajian istimewa dan itulah tujuh makanan khas Gunung Kidul yang wajib kamu coba saat berkunjung ke daerah ini. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi dunia kuliner Gunung Kidul saat kamu berada di sana. Pasti akan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan! Jadi, kalau kamu sedang di Gunung Kidul atau berencana ke sana, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner khas daerah ini. Selamat menikmati! 😍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search


You’ll also love